Kebidanan (D3)

Program Studi Kebidanan (D3) Terakreditasi BAN-PT

Sejarah Singkat

Program Studi Kebidanan berdiri sejak November 2005 berdasarkan surat rekomendasi Kepala Dinas Kesehatan Propinsi NTB No. 420/II/Diklat/XI/2005. Surat rekomendasi Badan PPSDM Depkes. No. HK.03.2.4.1.04.1.04634 dan SK Ijin Penyelenggaraan Program Studi Kebidanan (D-III) pada Universitas Nahdlatull Wathan Mataram dari Dikti No. 4155/D/T/2005. Tanggal 12 Agustus 2011 program studi kebidanan telah terakreditasi melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 010/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/VIII/2011 Tentang Status, Peringkat, dan Hasil Akreditasi Program Diploma Di Perguruan Tinggi.

VISI

Sebagai pusat penyelenggara pendidikan, pusat penelitian, sentra pengabdian pada masyarakat dalam bidang kebidanan dan unggul di kebidanan komunitas ditingkat nasional yang bernuansa islami pada tahun 2020.

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan kebidanan sesuai standar pendidikan nasional secara profesional dengan keunggulan dibidang kebidanan komunitas guna mendukung penyediaan tenaga kerja ahli madya kebidanan yang handal, berkualitas dan bernuansa islami.
  2. Melaksanakan penelitian dibidang kebidanan untuk mengembangkan IPTEK kebidanan guna mendukung pembangunan kesehatan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan asuhan kebidanan komunitas.
  4. Melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan kompetensi.
  5. Meningkatkan kualitas manajemen program studi yang akuntabel, transparan dan partisipatif untuk mendukung kegiatan dalam proses akademik.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan Ahli Madya Kebidanan sebagai bidan profesional pemula, serta mampu melaksanakan penanganan kebidanan komunitas sesuai dengan kewenangan dan bernuansa islami.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah dibidang Kebidanan dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi guna mendukung pembangunan kesehatan.
  3. Menghasilkan lulusan dengan kemampuan dalam bidang asuhan Kebidanan komunitas baik promotif, preventif, deteksi dini dan pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan kebidanan.
  4. Menghasilkan lulusan Ahli Madya Kebidanan yang berwawasan luas, handal dan berkualitas sehingga mampu bersaing dengan program studi sejenis di tingkat nasional.
  5. Melaksanakan administrasi akademik yang akuntabel, transparan dan partisipatif guna meningkatkan mutu pelayanan akademik yang berkualitas, efektif dan efisien.

Struktur Prodi Kebidanan

Comments are closed.